Kamis, 11 Juni 2020

Kejar September

Alhamdulilah ada kebijakan baru, dimasa pandemi, terkait jadwal akademik.

Masa untuk sidang tesis diperpanjang sampai awal september 2020. Artinya, jika bisa menyelesaikan (sidang dan menyelesaikan revisi) maksimal awal september, tidak akan kena bayaran ulang.

Ini mantap dan angin segar. Sebab terus terang saja, hal tersulit saat ini adalah pengambilan data. Dimana, dengan adanya pandemik korona, ruang gerak jadi terhambat. Termasuk bimbingan, yang kadang-kadang karena online masih belum maksimal (dan perlu adaptasi lebih di dosen-dosennya).

Saya harus menyiapkan jadwal baru. Rencana baru. Untuk selesai sesuai waktu di atas.

Mau tidak mau. Suka tidak Suka. Mengencangkan ikat pinggang untuk memenuhi jadwal tersebut.

Dipikir-pikir, memang Tuhan memberikan keleluasaan lebih. Saat ini dimasa pandemik tidak terlalu sibuk. Asalkan serius, jadwal tersebut terpenuhi. Insya Allah. Yang penting tentu berusaha maksimal.

Bulan Juni ini (yang sekarang sudah tanggal 11), harus dimaksimalkan untuk pengambilan sampel kuesioner. Dimana : Kab. Serang, 31 sampel, Kota Serang 20 sampel, kota Cilegon 14 sampel, dan Kab. Pandeglang 24 sampel.

Saat ini hanya tersisa pandeglang 24 yang belum terambil sampelnya.
Sasaran quesioner saya adalah UMKM kuliner Khas Banten. Misal: Sate Bandeng, Pecak bandeng, Rabeg, Ceplis, Gipang, Bontot, dll.

memang ada suka dan duka nya. Sukanya banyak tau (sekaligus jalan-jalan keliling Banten). Dukanya adalah mengeluarkan banyak biaya (dimasa pandemi begini, disaat penghasilanpun sangat minim). Dukanya lagi adalah tidak semua UMKM tersebut bekerjasama, tak heran jika kadang-kadang dijutekin dan dicuekin merupakan hal yang sering saya temui. Malah beberapa memang tidak bersedia untuk diwawancara. Apa sebab? banyaknya yang gerak di UMKM Kuliner adalah generasi tua (baby boomer) yang juga beberapa taraf pendidikannya di bawah SMA. Jadi, ada kekhawatiran dari mereka jika ditiru atau ada maksud terselubung dari wawancara tersebut.

Tapi, banyak juga yang baik. Terutama kedaerah-daerah yang memang belum tersentuh 'kota'. beberapa kali ditawarin makan, gratis! Itu kadang membuat tersentuh.

Jika juni target selesai untuk ambil data. Maka Juli 2020, targetnya adalah pengerjaan revisi proposal (plus ttd), bimbingan Bab 4 dan 5, sampai selesai (dan sampai daftar sidang).

Kemudian Agustus 2020, haruslah Sudah Sidang. mengerjakan revisian. Dan kemudian Daftar wisuda.

Semoga.

memang dalam dunia pertsisan, banyak hal yang bisa mempengaruhi terselesaikannya. tapi, yang terbesar adalah melawan kemalasan. Ini yang utama.

(rikigana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar