Minggu, 23 Februari 2020

Titi Mangsa (Tesis)

Ini masih seputar tesis, walo banyak hal lain yang ingin di bicarakan. Semisal: virus corona (yang lagi heboh di dunia, virus yang berasal dari wuhan China), tentang dunia pendidikan dengan konsep kampus merdeka pak nadiem (yang menurut saya cocok), tentang masyarakat di komplek (yang ternyata bukan hanya pada paguyuban sumur artetis, sekelas DKM pun banyak maslah terutama koordinasi, dan terutama yang lebih dalam adalah ego dan periuk nasi).
Banyaklah.....
Tapi, itu semua terlewat dan saya lupa untuk mengupas dan menuliskannya. Karena fokus utama saat ini adalah untuk tesis.

Alhamdulilah, sudah ttd pembimbing 2 (dua) walaupun banyak catatan yang harus di perbaiki. Mudah-mudahan dilancarkan. Minggu ini jika semua lancar, akan daftar untuk sidang seminar proposal di awal bulan Maret nanti.

Sebagai gambaran, dan pengingat tentunya. Saya mengambil tesis tentang kinerja pemasaran UMKM khas lokal Banten dengan responden di 3 kabupaten utama : Kab. Serang, Kota Serang dan Kab. Pandeglang. Metode yang saya gunakan adala survey, karena data kongkrit tentang pemilahanan kuliner khas banten sangat sulit di dapat. malah belum ada.

Saya tertarik dengan UMKM dan khas lokalnya, yang merupakan kearifan lokal dan budaya yang mesti dilestarikan, disamping UMKM seperti yang kita ketahui adalah pilar perekonomian bangsa. Ini sudah teruji dibeberapa penelitian, bahwa UMKM tidak terdampak langsung oleh resesi ekonomi global. Karena UMKM langsung bersentuhan dengan konsumen masyarakat bawah.
Hanya sayang memang, kinerja pemasaran (organisasi) UMKM selalu fluktuatif. Di data yang didapat, selalu naek turun dari tahun ke tahunnya. Hal ini bisa saja terjadi akibat monotonnya produk tersebut. Maka saya menambahkan variabel: inovasi produk melalui pencapaian nilai bersama dan ekuitas merek untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM tersebut.

Bagi saya yang tidak linier, ini merupakan barang baru. termasuk cara penulisan karya ilmiah yang baru dan metode yang baru. Dulu s1 diteknik saya membuat produk (aplikatif/terapan). Kalo sekarang ya sebagai penelitian deskriptif yang harus menyebar kuesioner pada beberapa responden.
BAB 1 terdiri dari : latar belakang, fenomena bisnis, riset gap, dlll
BAB 2 terdiri dari: tinjauan pustaka dan hubungan antar variabel serta hipotesis dan model penelitian
BAB 3 terdiri dari: metode penelitian (saya terus terang lemah disini, dan harus praktis baca referensi).

Demikian sekilas catatan. Semoga kedepan dimudahkan.
Eh iya, saya harus tuliskan ini juga: jika ada rezekinya dan lancar, maka saya ingin melanjutkan S3 tapi bidang manajemen SDM, dan S2 kembali untuk jurusan Ilmu Sejarah - saya ingin tesis tentang kajian sejarah Banten-
Semoga !
(rikigana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar