Jumat, 15 Mei 2020

Webinar Sejarah

Harry A Poeze dalam Webinar via aplikasi Zoom
Harry A. Poeze identik dengan sosok Tan Malaka. Dialah sejarawan Belanda yang paling menguasai kisah hidup aktivis politik revolusioner dalam sejarah Indonesia itu. Separuh lebih umur Harry A. Poeze digunakan untuk meneliti Tan Malaka (historia.com).

Salah satu sisi positif dari 'liburan' pandemi ini adalah banyak waktu untuk belajar daring. Jika mau, banyak webinar yang gratis, di adakan oleh lembaga2 kredibel (dalam maupun LN). Saya suka sejarah (yang belum melaksanakan penempuhan studi di bidang sejarah), selama pandemi ini - selama hampir 1 bulan - ikut berbagai jenis webinar dan meeting tentang kesejarahan, apapun.

Banyak yang menarik, apalagi jika topik pendahuluan sesuai dengan yang saya baca. Lainnya kadang hanya ikut frekuensi, malahan banyaknya menikmati tontonan presentasi : saat tokoh2/ sejarawan terkenal memaparkan materinya.

Menarik ketika memperhatikan gestur, mimik, diksi saat tokoh tsb berdiskusi ataupun saat menyampaikan pandangan-pandangannya (yang kalo dalam seminar offline sangat terbatas, terkungkung dengan formalitas dan roundown panitia). Bahkan kadang-kadang saya hanya sekedar memperhatikan ruang kerja / rumahnya. Iseng aja, hanya ingin menerawang bagaimana lingkungan sekitar mempengaruhi jalan pikiran tokoh tsb.

Nah, termasuk Pak Harry ini, walaupun saya sudah membaca (baru sedikit) karya-karya beliau, saat webinar tadi, saya malah cenderung memperhatikan bagaimana dia melapalkan bahasa indonesia, disela-sela diksi dan logat Walanda nya.
--
(rikigana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar