Kamis, 27 Agustus 2020

EXPLORE SUMEDANG (1)

 Minggu ketiga Agustus 2020, saya berkesempatan untuk berkeliling Sumedang, kota Sunda dengan dikelilingi bukit dan gunung-gunung.

Sejuk dan damai.

Walau dimasa covid, wilayah sumedang termasuk wilayah hijau yang tetap ketat menerapkan protokol kesehatan -- terutama tentang pemakaian masker, pilihanya memang sadis nurut atau didenda. Semua di sweeping tanpa terkecuali di manapun berada.

 


Saya memilih keluar di tol cileunyi -- jatinangor, melewati bukit-bukit, jalan berliku dan ketemu dengan situs bersejarah, salah satunya prasasti/ petilasan pangeran Kornel di Cadas Pangeran. Ada patung pangerang Sumedang disana dengan Patung Deandels. Ini terkait perlawanan pangeran sumedang akan kerja rodi yang dipaksakan Deandels dalam rangka membangun jalan prestisius, Anyer - Panarukan. Memang betul kata Pram dalam bukunya "jalan pos deadels", bahwa sesungguhnya dibalik kesuksesan deandels membangun jalan tersebut, tersembunyikan fakta akan adanya genoisida (pembunuhan beratus-ratus pribumi).


Terus bergerak di kelak-kelok jalan, akhirnya kita akan melewati komplek makan bersejarah. Makam seorang pahlawan Nasional dari Aceh ; Cut Nyak Dien. Seperti yang disebutkan dalam beberapa referensi, Cut Nyak Dien akibat perlawanannya terhadap VOC beliau tertangkap dan di buang ke Sumedang sampai dengan akhir hayatnya. 


Lanjut ke pusat kota, kita akan disambut dengan tugu baru -- tugu mahkota Binokasih. Untuk informasi, tugu ini merepresentasikan mahkota yang diserahkan oleh raja terakhir Pajajaran kepada penguasa lanjutan di keraton Sumedang larang (prabu Geusan ulun).

 Lewat di tugu binokasih ini, sudah kawasan pusat Sumedang, pusat aktifitas segala macam hal (pemerintahan, mesjid agung, alun-alun, pasar, kuliner, dll).

Saya putuskan untuk ke hotel terlebih dahulu, dikawasan pacuan kuda, dekat dengan gedung kesenian sumedang. Lokasi sangat strategis dan asri.

Istirahat dari penat. Untuk dilajut kan besok.

Sumedang yang bikin tenang (contd,,,)

*rikigana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar