Senin, 11 November 2019

Komunitas Sajarah Banten

Logo Sajarah Banten, 2019
Sudah saya singgung berulang-ulang kali, bahwa salah satu kegemaran adalah tentang sejarah.

Saya memang agak curiga, awal mula suka sejarah akibat cerita atau dongeng saat kecil. Oleh orang tua, oleh kakek - nenek. Dimana mereka suka bercerita, tentang masa lalu. Suatu waktu saat pergi, pasti menemukan tempat-tempat kuno, atau tempat-tempat bersejarah. Di tambahkan lah cerita tentag tempat-tempat tersebut, sehingga membuat asyik dan melambungkan imajinasi.

Saya juga jadi curiga, jangan-jangan ini yang terjadi di seluruh pelosok Banten, budaya tutur turun temurun, mendongeng apa saja tentang Banten -- tentang indonesia. Sekedar untuk berbagi cerita, tanpa tau betul atau tidaknya fakta.

Lantas, apa Komunitas Sajarah Banten?

Awalnya sebuah keisengan, karena kesamaan ketertarikan. Teman SMA kebetulan kerja di tabloid kesejarahan, di sela kesibukannya, dia menyimpan minat lebih tentang Banten. Kita sepakat untuk membuat website. Tentang Banten. Berdasarkan artikel2 berita yang sudah dia buat. Dan riset2 yang dia temukan. Saya mengembangkan Komunitas, karena kebetulan senang organisasi dan senang jalan-jalan. Kita hire (tepatnya ngajak), adik kelas SMA, yang sudah biasa di ke IT an. Dan, hasilnya pada saat itu, mulailah tercipta embrio dengan nama "PASEBAN - Alun-alun Sejarah Banten". Komunitasnya pun bernama paseban. website nya pun dengan domain paseban.id.

Tapi seiring waktu, brand paseban tak mengakar. Agak sulit mengidentifikasi bahwa paseban adalah cerita sejarah tentang Banten. Dilain sisi, ternyata banyak situs2 yang juga menggunakan kata itu.

Kemudian, saat saya sedikit fokus untuk pengelolaan medsos-- tercetus ide begitu saja, berubah nama menjadi Sajarah Banten. Dengan melakukan aktivasi fanpage FB yang sudah lama di buat temen itu, tapi jarang update. Komunitasnya pun kita rubah menjadi -- Komunitas Sajarah Banten. Grup whatsapp pun kita buat, untuk mewadahi orang-orang yang punya ketertarikan lebih akan sejarah kebantenan.

Seberapa efektif komunitas ini?

Entah, saya lebih senang mengalir saja. Tanpa ada beban dan tujuan apapun -- untuk saat ini. Lebih banyak ingin menikmati, walau tidak menutup kemungkinan, jika dengan sentuhan bisnis yang baik ini akan berkembang.

Tapi, dari dulu tujuan saya sederhana, hanya ingin menginventarisasi seluruh sejarah di Banten, mengetahui kebenarannya, dan mulai membagikannya dengan orang lain. Mungkin banyak komunitas sejenis, bahkan bisa lebih akademis. Tapi sekali lagi, karena ini sekedar hobi, saya rasa ingin melakukannya sendiri, untuk lebih merasai dan berbagi. Tidak lagi untuk dongeng hampa. Tapi memberikan fakta-fakta.

Senin, 28 November 2019, saya di undang untuk mengisi acara pada program seminar di almamater saya -- teknik metalurgi UNTIRTA. Kebetulan untirta sendiri memiliki MK khusus tentang sejarah Banten, yaitu studi Kebantenan.

Sebagai alumni, saya akan turut berbagi, atas nama komunitas, berdasarkan pengalaman, dan berdasarkan bahan-bahan yang sudah lama digali, tinggal di buka kembali di memori.

Terima kasih undangan nya, dan acara itu bernama Kapita Selekta.
(rikigana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar