Kamis, 16 April 2020

UANG BARU CINA

Luar biasa..

saya baru baca disway pagi ini, tentang keluarnya uang baru di Cina (tiongkok), saya penasaran dan buka beberapa media mainstream -- betul!

Cina mengeluarkan uang baru : UANG DIGITAL.

Uang yang tidak perlu lagi berupa kertas atau logam. Hanya ada di aplikasi HP. Dan mantapnya, ini sudah resmi di terapkan peraturannya oleh negara. Jadi, kalo kecina beli 'gorengan' di pinggir jalan. Kita tak perlu merogoh kocek lagi. Cukup dengan scan barcode HP atau lakukan transfer.

Memang bukan hal yang ujug-ujug datang. Tercatat sudah di siapkan kurang lebih 2 tahun yang lalu. Dari masa propaganda percobaan sampai dengan pengaplikasiannya. Yang menurut saya harus diacungi jempol adalah progressnya. Cina selalu komit dengan program. Dan apapun yang terjadi selalu terus ada progressnya. Tujuan menjadi yang utama.

Bayangkan, baru saja negara tersebut terpuruk dari wabah corona. Baru sebulan dia terlepas. tiba-tiba melejit untuk keputusan baru. Tak ada alasan, tim tertentu akibat wabah corona tidak melanjutkan progressnya. Ini membuat kewajaran yang istimewa, kenapa Cina sekarang sudah mampu 'melawan' AS.

Dolar yang merajai dunia, sekarang ada lawan baru. Uang cina yang bersandar pada emas dan menurut para ahli tak bisa di spekulasikan seperti dolar. Murni sebagai alat pembayaran. Bukan maen2 dinilai tukar atau perdagangan uang.

Dolar sudah lama tidak bersandar pada emas sebagai nilai tukar. Dia lebih kepada perdagangan spekulan di bursa saham. Sehingga nilai tukar tersebut merajai di seluruh dunia. bahkan Eropa sekalipun yang menjoba bikin uang UE, tak mampu menyaingi hegemoni dolar.

Lantas bagaimana di indonesia?

Ya, selalu optimis. Kata yang tepat daripada mencela. Toh, kita selalu jadi bangsa konsumen. Follower. Dari semua perkembangan yang ada di dunia.

Baik soal teknologi, maupun soal virus.
(Rikigana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar